Gunung Merapi yang terdapat di sisi utara Yogyakarta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Jogja dan sekitarnya. Ratusan bahkan ribuan tahun gunung ini memberi warna bagi masyarakat yang secara langsung dan tidak langsung bergantung pada gunung paling aktif di Indonesia ini. Berkat abu vulkaniknya tanah-tanah menjadi subur, batu dan pasir seakan tidak pernah habis keluar dari gunung ini. Tidak hanya itu gunung ini menjadi juga sebuah kawasan wisata karena menyimpan keindahan yang mempesona banyak orang.

Pesona Bukit Turgo

Pesona dan keindahan gunung ini menyebabkan banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Bagi yang punya waktu mereka bisa mendaki hingga menuju puncak bukit. Namun bagi yang tidak bisa mendaki gunung ini bisa memandangnya dari dekat. Di Jogja terdapat beberapa tempat untuk memandang dan menyaksikan kemegahan puncak Gunung Merapi. Jika ikut Lava Tour Merapi wisatawan bisa menyaksikannya di Bunker Merapi.  Jika berwisata di Kaliurang bisa mengunjungi gardu pandang di kawasan ini. Selain itu terdapat pula sebuah tempat yang tidak banyak diketahui oleh para wisatawan yaitu Bukit Turgo.

Bukit Turgo merupakan nama yang diambil dari sebuah desa di Dusun Turgo yang ada di sebelah barat Kaliurang. Kawasan ini sekarang dikembangkan menjadi objek wisata dengan pendekatan ekowisata yang mengedepankan alam sebagai daya tariknya. Kegiatan yang bisa dilakukan di desa ini antara lain berkunjung ke rumah warga untuk melihat kehidupan mereka, melihat kebudayaan dan karya dari masyarakat desa dan juga mendaki ke puncak bukit untuk menyaksikan puncak Merapi.

Bukit Turgo memiliki ketinggian 1000 mdpl. Untuk tiba ke atas bukit, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dengan durasi sekitar satu hingga satu setengah jam. Selama pendakian, wisatawan bisa melihat pepohonan yang rimbun di kedua sisi jalan. Selain itu wisatawan juga bisa melihat pemandangan Kota Jogja. Udara yang segar akan membantu pendaki bernafas karena ngos-ngosan selama mendaki. Setibanya di puncak, pendaki akan di sambut oleh sebuah makam yang diyakini sebagai makam Syekh Jumadil Qubro yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Disinilah pendaki juga bisa menyaksikan puncak Merapi yang tampak begitu dekat. Indahnya Gunung  Merapi yang gagah akan menghapus rasa lelah para pendaki.

Lokasi Bukit Turgo:

Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman tepatnya berlokasi di sebelah barat Kaliurang. Diperlukan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk sampai di lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Jogja.

Tiket masuk Bukit Turgo:

Untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak dikenakan tiket masuk ke Bukit Turgo alias gratis. Tempat wisata ini bisa menjadi paket wisata alam di Jogja.

Tips wisata Bukit Turgo

  1.       Gunakan pakaian yang nyaman untuk kawasan pegunungan.
  2.       Gunakan alas kaki yang cocok untuk kegiatan trekking.
  3.       Bawa air mineral dan obat-obatan pribadi.
  4.       Jagalah kebersihan.